Selasa, 05 April 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Cinta kasih secara umum memiliki arti penuh pengorbanan, penuh pengampunan, penuh penghargaan dan penuh pengabdian pada sesamanya.
Sedangkan cinta menurut kamus umum Bahasa Indonesia karya W.J.S Poewadarrminta adalah rasa sangat suka(kepada) atau (rasa) sayang (kepada) , ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Dan kasih artinya perasaan sayag atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Sehingga cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka(sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belah kasihan. Cinta kasih mengandung makna hampir bersamaan, namun terdapat perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa. Sedangkan kasih lebih keluarnya, maksudnya dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat diwujudkan dengan nyata.
Erich Fromm menyatakan bahwa cinta itu terutama memberi, bukan menerima dan memberi merupakan ungkapan yang paling tinggi dari kemampuan, yang paling penting dalam memberi adalah hal-hal yang bersifat manusiawi, bukan materi.
Erich Fromm menyatakan ada 4 unsur untuk membina cinta secara baik:
1)  Pengasuhan
2) Tanggung jawab
3) Perhatian
4) Pengenalan
Lalu pengertian cinta menurut Dr.Sarlito W. Sarwono. Dia menyatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu;
1)  Keterikatan
Adanya perasaan untuk hanya bersama dia, segala prioritas untuk dia, tidak mau pergi dengan orang lain kecuali dengan dia.

2) Keintiman
Adanya kebiasaan-kebisaan dan tingkah laku yang menunjukkan tanpa adanya jarak. Contohnya panggilan-panggilan formal seperti ayah, ibu, saudara digantikan dengan sekedar memanggil nama atau dengan sebutan sayang.
3) Kemesraan
Adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa kangen kalau jauh atau sudah lama tidak bertemu, adanya ucapan-ucapan yang mengungkapkan rasa sayang, dan seterusnya.
Selain pengertian dari Sarlito ada lagi pengertian cinta menurut Dr. Abdullah Nasih Ulwan dalam bukunya yang berjudul Manajemen Cinta. Cinta adalah perasaan jiwa dan gejolak hati yang mendorong seseorang untuk mencintai kekasihnya dengan penuh gairah, lembut, dan kasih sayang.
    Pengertian kasih sayang menurut kamus Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Poerwadarminta adalah perasaan sayang, perasaan cinta, atau perasaan suka kepada seseorang. Kasih sayang sangat dibutuhkan dalam kehidupan berumah tangga. Dalam kasih sayang dituntut untuk bertanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka. Kasih sayang, dasar komunikasi dalam suatu keluarga. Pengembangan watak anak tidak bisa lepas dari kasih sayang dan perhatian orangtua. Kasih sayang juga mempengaruhi kehidupan si anak dalam masyarakat. Orangtua memberikan kasih sayang dengan cara yang berbeda-beda. Ada orangtua yang aktif, memberikan kasih sayang sebanyak-banyaknya tanpa si anak memberikan respon, hanya menerima dan mengiyakan. Itu membuat si anak tidak mampu berdiri sendiri dikehidupan masyarakat. Ada juga sebaliknya, si anak yang memberikan kasih sayang sebanyak-banyaknya kepada orangtua tapi orangtua hanya mendiamkan tanpa memberikan perhatian apa yang dibuat si anak. Kemudian yang lebih parahnya, keduanya seakan pasif sehingga mereka bertingkah laku sendiri-sendiri tanpa saling member perhatian hanya memenuhi di bidang material. Yang terakhir, antara orangtua dan anak saling memberikan perhatian dan kasih sayang sehingga terbentuk hubungan yang harmonis. Inilah yang diharapkan dari semua keluarga.
     Kemesraan berasal dari kata dasar mesra, artinya perasaan simpati yang akrab. Secara umum kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam. Tapi bila seseorang mengobral cintanya sama saja orang itu merusak nilai cinta, yang berarti menurunkan martabatnya dirinya sendiri. Kemesraan juga dapat menimbulkan daya kreatifitas manusia. Contohnya seperti membuat puisi, lagu, tari, cerpen atau mungkin novel.
     Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komukasi ritual . Pemujaan kepada Tuhan adalah inti dari nilai dan makna kehidupan yang sebernarnya. Cinta antara manusia dengan Tuhannya adalah cinta yang mutlak sehingga cintaNya tidak bisa ditawar-tawar lagi. Betapa dosanya kita jika kita tidak mencintaiNya, walaupun hanya sekejap.



http://www.elearning.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar